Langsung ke konten utama

Kenapa hasil rekaman video jelek?

Sekarang ini jamannya bikin video pake hape, terus diupload ke sosmed baik ig maupun fb. Bahkan aplikasi chating seperti wa pun sekarang ada fitur stories untuk upload video. Bukan masalah untuk mereka yang punya hape canggih seperti iphone atau samsung, hasil video akan tetap bagus di berbagai kondisi. Namun akan lain cerita kalo hape yang dipake adalah hape kelas entry atau pemula dengan harga satu jutaan, akan banyak sekali masalah yang membuat hasil video jadi jelek. Misalnya video nge-lag, banyak semut atau noise, gambar goyang dan ngeblur, suara pecah atau geber-geber, dll. Nah berikut tips untuk mengatasi masalah tadi.
1. Pencahayaan
Pastikan lokasi memiliki cukup cahaya atau penerangan, terutama untuk kondisi dalam ruangan dan malam hari. Bila perlu nyalakan flash hape untuk hasil terbaik. Hal ini bertujuan untuk mengurangi noise pada gambar, untuk beberapa tipe hape, akan membuat gambar lebih halus alias tidak nge-lag atau kayak macet-macet.
2. Pembungkus Mic
Yang satu ini adalah cara agar kualitas audio tidak pecah, cempreng, atau nggeber. Apalagi kalo bikin videonya lagi di jalan, cara ini bisa ngurangin suara angin ataupun suara motor di jalanan. Cukup gunakan sarung tangan cewek yang lembut tanpa kulit kayak punya cowok, masukan setengah bagian hape dan menyisakan kamera terbuka kedalam sarung tangan, karna biasanya posisi mic ada di bawah. Tapi sebelumnya tekan dulu tombol record, baru masukin. Nanti kan bisa dipotong bagian awalnya.
3. Gunakan Tripod
Nah, untuk yang hobinya bikin video durasi panjang, tripod sangat berguna, ketimbang minta pegangin temen yang selain bikin pegal tangan hasilnya juga pasti banyak goyang atau shaky. Untuk lokasi outdor, bisa pake octopus tripod, tripod ini bisa dicantolin ke mana aja karna gagangnya elastis. Harganya juga murah sekitar belasan ribu banyak di konter pinggir jalan. Nah sekian tips singkat kali ini, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bikin USB Installer Windows Tanpa Aplikasi Tambahan?

Gak pake ribet, langsung aja.
1. Siapkan USB  4 GB, lalu silahkan format ke fat32.
2. File iso atau sebuah dvd Windows.
3. Sebuah PC/Laptop yang pake Windows 10.
Kalo semua sudah siap, lanjut.
1. untuk yang bahan windowsnya dari file iso, langsung klik kanan pilih Mount.
2. Akan muncul dvd Drive baru, langsung buka isinya.
3. untuk yang pake dvd Windows, langsung buka aja dvd Drive nya.
4. Copy semua isi dalamnya ke flashdisk kalian.
5. selesai.
Betul, sederhana emang caranya, kalo kurang yakin sekarang coba kalian restart laptop kalian, lalu boot lewat flashdisk tadi, pasti langsung bisa masuk ke mode instal windows. Kalo gk bisa, komen aja dibawah. sekian semoga bermanfaat.


Membedakan slot PCI, AGP, dan PCIe (Expansion Slot)

Selamat malam sobat bloger, akhirnya saya bisa kembali menulis artikel pada malam ini.
baik langsung saja kali ini saya akan membahas tentang perbedaan slot AGP, PCI dan PCIe yang ada di dalam sebuah motherboard.
A. nah yang pertama yang akan kita bahas di sini adalah Slot PCI,
PCI ini adalah salah satu slot yang memiliki banyak fungsi, karena masih banyak dan sangat banyak peripheral komputer yang menggunakan Slot PCI, dari mulai VGA [sudah sangat jarang], ethernet card, LAN card, Sound card, USB card, Sata Card.
1. Contoh Slot PCI (paling bawah)


 2. Contoh Lan Card yang menggunakan slot PCI
selain lan card, juga masih banyak lagi pheripheral komputer yang menggunakan slot PCI ini.

B. selanjutnya akan kita bahas yaitu slot AGP.  ini merupakan Slot VGA Card (kartu grafis) yang digunakan pada motherboard lama seperti LGA 478 dan komputer P3, saat ini sudah jarang digunakan dan dipasaran pun sudah mulai langka. AGP memiliki 2 macam jenis versi AGP 4x dan 8x, terakhir dari jenis slot AGP adalah…

Apasih bagusnya Flac Audio?

Beberapa waktu lalu saya sempat berdebat dengan salah seorang teman di kampus soal musik, inti dari perdebatan kami adalah tetang format atau ekstensi dari sebuah file audio antara .mp3 dengan .flac
Pada dasarnya kedua jenis file tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, beberapa orang mengatakan kualitas file flac lebih baik ketimbang file jenis mp3. Namun juga tak sedikit yang menganggap bahwa kualitas keduanya sama saja. Untuk menggali informasi lebih banyak tentang format audio flac, saya sempatkan untuk bertanya ke salah seorang senior di kampus yang mana dia telah lama menjadi asisten praktikum bidang multimedia selama masa studinya, dan saya fikir dia pasti tau sedikit banyak tentang format audio. Menurutnya untuk beberapa kasus, format audio flac mendukung multi track audio sehingga menyebabkan ukuran file jadi besar. Apabila dalam mixing musik, multi track memang sangat berguna. Misalnya kita membuat sebuah lagu, maka kita bisa memasukan hasil rekaman alat mu…