Langsung ke konten utama

Membedakan slot PCI, AGP, dan PCIe (Expansion Slot)

Selamat malam sobat bloger, akhirnya saya bisa kembali menulis artikel pada malam ini.
baik langsung saja kali ini saya akan membahas tentang perbedaan slot AGP, PCI dan PCIe yang ada di dalam sebuah motherboard.
A. nah yang pertama yang akan kita bahas di sini adalah Slot PCI,
PCI ini adalah salah satu slot yang memiliki banyak fungsi, karena masih banyak dan sangat banyak peripheral komputer yang menggunakan Slot PCI, dari mulai VGA [sudah sangat jarang], ethernet card, LAN card, Sound card, USB card, Sata Card.
1. Contoh Slot PCI (paling bawah)


 2. Contoh Lan Card yang menggunakan slot PCI
selain lan card, juga masih banyak lagi pheripheral komputer yang menggunakan slot PCI ini.

B. selanjutnya akan kita bahas yaitu slot AGP.  ini merupakan Slot VGA Card (kartu grafis) yang digunakan pada motherboard lama seperti LGA 478 dan komputer P3, saat ini sudah jarang digunakan dan dipasaran pun sudah mulai langka. AGP memiliki 2 macam jenis versi AGP 4x dan 8x, terakhir dari jenis slot AGP adalah AGP 3.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang dirilis pada bulan November 2000. Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533 MHz sehingga memungkinkan throughput teoritis hingga 2133 Megabyte / detik (dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan AGP 4x). Namun demikian, fakta bahwa kinerja yang ditunjukkan oleh AGP 8x tidak benar-benar dua kali lebih tinggi dari 4x AGP

Nah pada gambar diatas adalah contoh slot AGP 8X, dan berikut ini adalah gambar penampaka contoh vga card (kartu grafis) yang menggunakan slot AGP



C. dan yang terakhir yang akan kita bahas pada malam hari ini adalah slot PCIe atau PCI-Express.

Slot ini adalah slot yang paling banyak digunakan dalam sebuah motherboard. ada beberapa tipe slot pci-e ini, antara lain PCIe x1, PCIe x2, PCIe x4, PCIe x8, PCIe x16 dan PCIe x32. namun yang paling populer adalah slot PCIe x16, karena banyak digunakan untuk memacang VGA Card Ad On pada sebuah komputer. dan berikut adalah data PCIe.


Kecepatan          Max
PCI-ex 1x        250 MB/s
PCI-ex 2x        500 MB/s
PCI-ex 4x        1000 MB/
sPCI-ex 8x      2000 MB/s
PCI-ex 16x     4000 MB/s
PCI-ex 32x     8000 MB/s



dan di atas ini adalah gambar slot PCIe X1, X4, X8, dan X16

dibawah ini adalah  PCI 1(yang warna ijo) PCIe X1, PCIe x4, dan yang paling panjang PCIe x16 




dan selanjutnya adalah contoh VGA Card yang menggunakan slot PCIe X16



nah, sudah dulu penjelasan sekilas tentang sebagian slot yang ada di sebuah motherboadr, oh iya, maaf gambarnya kurang lengkap, jadi kalo ada yang belum ada di sini, silahkan gogling aja, banyak di sana di internet banyak :).
terima kasih semoga bermanfaat.




Komentar

Posting Komentar

Komentar yang baik ya kawand (^_^'

Postingan populer dari blog ini

Bikin USB Installer Windows Tanpa Aplikasi Tambahan?

Gak pake ribet, langsung aja.
1. Siapkan USB  4 GB, lalu silahkan format ke fat32.
2. File iso atau sebuah dvd Windows.
3. Sebuah PC/Laptop yang pake Windows 10.
Kalo semua sudah siap, lanjut.
1. untuk yang bahan windowsnya dari file iso, langsung klik kanan pilih Mount.
2. Akan muncul dvd Drive baru, langsung buka isinya.
3. untuk yang pake dvd Windows, langsung buka aja dvd Drive nya.
4. Copy semua isi dalamnya ke flashdisk kalian.
5. selesai.
Betul, sederhana emang caranya, kalo kurang yakin sekarang coba kalian restart laptop kalian, lalu boot lewat flashdisk tadi, pasti langsung bisa masuk ke mode instal windows. Kalo gk bisa, komen aja dibawah. sekian semoga bermanfaat.


Apasih bagusnya Flac Audio?

Beberapa waktu lalu saya sempat berdebat dengan salah seorang teman di kampus soal musik, inti dari perdebatan kami adalah tetang format atau ekstensi dari sebuah file audio antara .mp3 dengan .flac
Pada dasarnya kedua jenis file tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, beberapa orang mengatakan kualitas file flac lebih baik ketimbang file jenis mp3. Namun juga tak sedikit yang menganggap bahwa kualitas keduanya sama saja. Untuk menggali informasi lebih banyak tentang format audio flac, saya sempatkan untuk bertanya ke salah seorang senior di kampus yang mana dia telah lama menjadi asisten praktikum bidang multimedia selama masa studinya, dan saya fikir dia pasti tau sedikit banyak tentang format audio. Menurutnya untuk beberapa kasus, format audio flac mendukung multi track audio sehingga menyebabkan ukuran file jadi besar. Apabila dalam mixing musik, multi track memang sangat berguna. Misalnya kita membuat sebuah lagu, maka kita bisa memasukan hasil rekaman alat mu…