Minggu, 29 September 2013

Mengenal Perintah Dasar XAMPP

   Bicara seputar dunia programing khususnya programing website, tentu kita tidak akan terlepas dari yang  program - program yang berbau coding. Seperti notepad, notepad++, Dreamweaver, PHP, XAMPP, dan masih banyak lagi yang lain. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai beberapa fungsi dan perintah dasar yang ada pada salah satu program penunjang web programing yaitu XAMPP.
   XAMPP (play /ˈzæmp/ atau /ˈɛks.æmp/) adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.
   Sebelum membahas lebih jauh mengenai XAMPP, berikut saya jabarkan apa saja komponen-komponen yang terdapat di dalam program XAMPP.
-Apache
- MySQL
-PHP
-Mercury
-phpMyAdmin
-FlieZilla FTP Server
-Tomcat (dengan mod_proxy_ajp sebagai konektor)
-Dan lainnya (tergantung dari bersi software)
Dan gambar berikut adalah tampilan awal ketika program dijalankan (XAMPP Control Panel Aplication)
XAMPP Control Panel
Di sana kita bisa mengontrol aktifitas apa saja yang akan kita lakukan, seperti memulai menjalankan Apache, MySQL, atau yang lainnya. ada juga keterangan dari versi program XAMPP yang tertera di sana. sekian dulu sedikit penjelasan dari saya dan terimakasih saya ucapkan kepada Bpk. Widhiarta selaku Dosen mata kuliah Pemrograman Web Lanjut yang telah memberikan ilmunya kepada saya.

Created By
Nama : Slamet Dul Rahmat
Nim   : 12.12.6626
Kelas : 12 S1Si 05